Jurus Pemula Menulis


 Pelatihan Belajar Menulis Daring Via Grouf WhatsApp Komunitas Sejuta Guru Ngeblog /KSGN ( 1 ):

“  Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa Yang Terjadi “ 

Penulis  Etin Suryani


Bismilahirohmanirohim..

Alhamdulillahirobilalamin..Pujisyukur saya panjatkan kepada Alloh SWT dengan karunianya pada malam hari  ini,saya  sampai pada waktunya memulai Pelatihan Belajar Menulis bersama Narasumber perdana  yang luar biasa ,beliau adalah Bapak Wijaya Kusumah,M.Pd. yang akrab disapa   Om Jay .Beliau  adalah seorang motivator, trainer, guru blogger Indonesia, founder KSGN, founder kelas menulis PGRI, guru TIK di SMP Labschool Jakarta, sekaligus penulis buku.Dalam kuliah online ini Omjay ditemani moderator yang luar biasa juga ,beliau adalah  Bunda Aam Nurhasanah,S.Pd,perkenalkan beliau adalah salah seorang kepala Sekolah SMPS MATHLA UL HIDAYAH CIPANAS Banten.Saya mulai mengenal Beliau  sewaktu satu grouf di pelatihan kelas M365  di bulan Desember 2020....Bunda Aam selain baik juga luar biasa kemampuannya.

 

Hari Senin pukul 19.00  kelas mulai dibuka ,Sebelum kuliah Daring dimulai,Bunda Aam selaku  Moderator membuka kelas  ini dengan menginformasikan kepada semua Peserta untuk mengisi daftar hadir di Form, Peserta berjumlah 257 orang dari seluruh peloksok Nusantara.

Narasumber Perdana Om jay menyapa kita semua dengan sebutan guru-guru hebat,saya sebagai Penulis Pemula merasa bangga bisa berada bersama orang –orang hebat,semoga malam ini merupakan malam pertama saya mendapat ilmu tentang menulis di Blog dari Pakar menulis blog Indonesia  .walau tidak mudah ,menurut saya sebagai penulis pemula,menulis sangatlah sulit tuk dimulai,tetapi malam ini saya memulai melawan kesulitan,keraguan dan kemalasan dengan memegang erat pada tema perdana  yang dibawakan oleh Guru blogger Indonesia hebat yaitu beliau  adalah Om Jay ,dengan Tema “Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa Yang terjadi”

Malam ini omjay bercerita sedikit tentang pengalaman beliau menulis setiap hari, dan beliaupun diawal sudah memberikan buku digital menulislah setiap hari untuk dibaca peserta pelatihan ini.

Ini salah satu  Buku beliau yang sangat menginsfirasi kepada Peserta pelatihan ini. 


 

Menurut Om Jay Tahun ini  Beliau luncurkan edisi revisinya dan cetakan ketiga. 

Cerita Omjay sebelum menjadi guru blogger hebat ini seperti yang beliau paparkan  di bawah ini semoga ini semua bisa memotivasi semua peserta pelatihan menulis ini dan khususnya kepada saya sendiri semoga bermanfaat.

”Semenjak saya memiliki blog pribadi di internet, saya berusaha kuat setiap harinya untuk menulis di blog. Adanya media blog membuat saya memiliki komitmen untuk menulis setiap harinya. Rasanya kalau tidak menulis sehari saja seperti ada yang kurang atau hilang dalam diri saya. Bagaikan anak kecil yang kehilangan buku tulis karena sedang belajar menulis.”

“Entahlah, saya merasakan ada kenikmatan tersendiri ketika saya menuliskan kalimat demi kalimat ke dalam blog yang saya buat. Saya merasa harus menjadi produsen pengetahuan dan berbagi informasi melalui tulisan yang saya tulis. Saya merasa apa yang saya ketahui harus juga diketahui oleh orang lain dengan berbagi (sharing) di dalam blog.”

“Oleh karena itu, biasanya saya membaca buku dulu sebanyak-banyaknya baru kemudian saya menuliskannya. Atau terkadang saya sengaja langsung menulis sambil menunggu waktu sholat dan menggunakan waktu senggang lainnya. Kebiasaan itu tak terasa sudah menyatu dalam diri saya semenjak 13 tahun lalu saya memiliki blog.”

Itu merupakan pengalaman beliau di awal sebelum menjadi penulis blogger yang sukses.Beliau  juga memaparkan dan memberi ilmu kepada peserta pelatihan ini ,tentang kiat-kiat   menjadi penulis yang bermutu yang harus dipahami dan dimiliki oleh semua peserta pelatihan menulis ini.Beliau memaparkan ilmunya kepada kita semua sebagai peserta pelatihan dan semoga bermanfaat untuk pembaca blog kami.

Menulis dan membaca adalah dua kegiatan yang tidak dapat dipisahkan. Tak ada penulis yang tidak rajin membaca. Semua itu berproses yang dimulai dari adanya ide. Ketika ide muncul lekaslah menulis tanpa mengedit terlebih dahulu. Editlah tulisan setelah ide yang ada dalam otak anda sudah tersalurkan dengan baik melalui menulis. Jangan ragu dan takut salah. Teruslah menulis, karena dengan menulis anda akan melatih otak, mata, dan bibir anda agar bersinergi dengan kedua tangan anda. Bila otak, mata, bibir, dan tangan sudah menyatu, maka akan terlahirlah tulisan yang bermutu. Tulisan yang bermutu akan menarik hati setiap orang yang membacanya.”

Weissssshhhhhhh.....ini toh ilmu yang berharga yang baru didapat dari seorang pakar Penulis blogger Indonesia hebat.....Saya jadikan judul tulisan ini.....JOSS MANTAB......

“ Tiada hari tanpa menulis sudah harus menjadi motto hidup kita. Coba anda bayangkan bila anda rutin menulis setiap hari 1 lembar atau 1 halaman, maka dalam sebulan anda sudah memiliki 30 buah tulisan. Apalagi bila anda rutin setiap hari dalam setahun, maka tulisan anda akan dapat menjadi sebuah buku asalkan anda fokus dan komitmen dengan materi yang anda tuliskan. Bukankah ini sebuah keajaban dari menulis setiap hari?”

Luar biasa ...menulis sudah menjadi motto hidup beliau Om Jay.................Upssssssh.

“ Oleh karena itu, marilah kita budayakan kebiasaan menulis setiap hari dalam blog kita. Jangan biarkan blog anda sepi dari tulisan kreatif anda. Saya yakin Anda pasti bisa melakukannya kalau anda punya komitmen dan minat yang tinggi dalam menulis. Bila minat sudah terlihat, maka kreativitas akan muncul. Bila kreativitas muncul, maka anda akan mendapatkan penghasilan tambahan dari menulis itu. Kalau anda kurang begitu percaya dengan saya, silahkan saja anda coba sendiri, dan lihatlah apa yang terjadi.”

“ Jadilah penulis terkenal dengan membiasakan diri menulis setiap hari. Tak ada penulis terkenal yang langsung dikenal hanya satu atau dua kali menulis. Mereka semua mengalami apa yang disebut proses menulis. Menulis apa saja yang ada dalam alam pikirannya saat itu dan membuat tulisannya penuh makna agar enak dibaca.”

“ Tulisan yang baik tidak langsung sekali jadi. Karena itu proses editing harus juga dikuasai oleh penulis yang baik bila tulisannya mau dibaca oleh orang lain. Kegiatan pokoknya menulis lalu mengedit sudah harus dibiasakan mulai dari sekarang.Tulislah apa saja yang menarik hati dan tulislah apa saja yang anda kuasai. Jangan menuliskan apa yang tidak anda kuasai, karena tulisan anda akan terasa hambar. Seperti sayur tanpa garam.”

“ Namun dari semua hal di atas, anda harus dapat menghilangkan rasa malas menulis dan membaca dalam diri anda bila anda ingin menjadi penulis terkenal. Tak ada satupun penulis terkenal yang tak rajin membaca dan menulis. Berlatihlah terus menulis sehingga anda memiliki jam terbang yang tinggi dalam menulis. Tak ada orang yang pandai menulis selain berlatih dan berlatih.”

“ Menulislah setiap hari dengan hati. Bila hati bertemu dengan hati, maka hati penulis dan pembaca akan menyatu. Biasakan menulis selembar sebelum tidur. Lalu buktikanlah apa yang terjadi. Berikut ini saya kirimkan royalty buku kami “

Om Jay juga mengirimkan royalti dari buku yang sudah beliau terima,mudah –mudahan menjadi motivasi kepada kita tuk konsisten menulis setiap hari.

 “ Semoga anda semua dapat melakukan kegiatan menulis setiap hari dengan komitmen yang tinggi. Bila anda kesulitan waktu untuk menulis, maka lawanlah hawa malas dari diri anda sendiri. Anda harus menjadi panglima dalam diri anda sendiri. Jangan biarkan diri anda dipimpin oleh kemalasan. Kalau bukan sekarang anda terbiasa menulis, lalu kapan lagi?”

Om Jay tidak pelit dengan ilmunya ,beliau memaparkan banyak tentang pengalamannya yang sukses menjadi penulis blogger Indonesia,

Berikut ini adalah blog yang pertama kali beliau  buat tahun 2007, buat pembaca yang  penasaran  silahkan berkunjung  klik pada alamat ini  http://wijayalabs.blogspot.com

Om Jay masih bercerita tentang pengalamannya...Weishhhhh saya semakin penasaran menyimaknya ,sayapun tidak pelit semua ilmu yang didapat dari Om Jay semua sengaja ditulis tuk persembahan kepada pembaca blog saya ..Lanjut beliau sebagai berikut...

“ Kemudian saya membuat blog lagi di http://wijayalabs.wordpress.com, semuanya gratis dan tdk berbayar. Cara membut blog sangat mudah sekali. Kita cukup minta bantuan mbak google.com dan di sana anda akan bertemu dengan orang-orang yang baik hati, karena membuat tutorial cara membuat blog gratis “

“ Setelah puas dengan blog gratisan, saya mencoba menulis dengan blog berbayar, dimana  saya bayar domain dan hosting hanya Rp.500.000 per tahun di http://wijayalabs.com, dan hasil yang saya dapatkan lebih banyak dari investasi yang saya keluarkan, semua itu setelah saya memiliki blog berbayar.”

Saya menuliskan segala yang di dapat dari Om Jay ,begitupun dengan INVOICE  beliau,dengan maksud merekam segala pengalamannya dan semoga bermanpaat buat kita sebagai pembaca blog  .


 Ini bisa menjadi salah satu motivasi juga untuk penulis blog pemula ,hehehhe ..

Sebuah artikel bisa dibayar Rp.500.000 bila blog anda ramai pengunjungnya, dan ini bisa menjadi pemasukan bagi anda yang hobi menulis dan berbagi pengalaman melalui blog di internet.

 
 Ini adalah salah satu buku baru yang  sedang disusun Om Jay .

Luar biasa buku baru yang sedang disusun Om Jay  sudah mendapatkan kata pengantar dari ibu Ketua Umum Pengurus Besar PGRI, Prof. Dr. Unifah Rosyidi 


Berikut ini adalah resensi buku menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi, https://www.kompasiana.com/nanayuuri/5d6fac42097f363c881d3bc2/ajakan-omjay-untuk-menulis-setiap-hari-dan-lihat-hasilnya-resensi-buku

Beliau memaparkan buku-buku  karyanya sebagai berikut ini

Dan  terus berkembang dengan buku lainnya

Berikut ini adalah resensi buku catatan harian seorang guru blogger,

Berikut ini resensi buku blogger ternama, https://www.firmankasan.com/2019/10/resensi-buku-blogger-ternama-jadilah-blogger-terkenal.html

Tahun 2017, saya menjadi pemenang ketiga Lomba Inovasi Pembelajaran tingkat nasional kemdikbud dan mendapatkan hadiah belajar ke negara china di tahun 2019, hasilnya saya bukukan dalam buku Melejitkan keterampilan menulis siswa melalui buku fiksi dan non fiksi

Berikut liputan resumenya dari seorang guru blogger, https://www.kompasiana.com/ditta13718/5ed5c842097f362890070093/mudahnya-menulis-buku-ala-omjay


 

Ini buku Om Jay yang banyak dicari guru di masa pandemi Corona ini”AGAR PJJ TAK MEMBOSANKAN LAGI” Ayo cepat pesan ,buat yang minat silahkan hubungi Wa Om Jay.

Dibantu almarhum bang Dian Kelana buku agar pjj tak lagi membosankan siswa lahir.Mari kita berdoa sejenak, untuk mendoakan Bang Dian Kelana. Alfatihah..

     Om Jay yang luar biasa perlu diteladani oleh kita sebagai penulis pemula dalam keadaan sakit beliau masih bisa  menerbitkan  buku baru ketika menjalani isolasi mandiri ketika dinyatakan positif covid-19,inilah buku Om Jay “ AWAS VIRUS CORONA MENGINTAI ANDA”


Luar biasa ...Semoga apa yang Om Jay sampaikan  malam ini bermanfaat buat kawan-kawan yang menyimak materinya dengan baik.


 Ini buku Om Jay”Menulislah Setiap hari dan Buktikan apa Yang terjadi”


Pengalaman Om Jay : “ Suka blok wolking dari blog orang lain,sering membuka blog guru-guru hebat misal buka  blog bu Aam,pak Brian,bunda  Kangjeng yg hebat2,dan sering-sering latihan menulis komentar di blog orang lain setiap hari supaya terbiasa



Omjay memberi kesimpulan materi kuliah online perdana ini   ,kita  harus membiasakan diri menulis setiap hari sama halnya  kita berbicara setiap hari

Insya Alloh kalau kita sudah berlatih menulis setiap hari nanti kita  akan terbiasa untuk menulis.

Pesan omjay,  menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi

Terimakasih jangan lupa resumenya dibuat  di blog pribadi yang pernah anda buat.

Silahkan membuat resumenya sesuai dengan apa yg Omjay sampaikan dari sudut pandang yg berbeda

Terima kasih Omjay. Materinya luar biasa

Kesimpulan dari Bunda Aam Nurhasanah “Jadi buat peserta, ingat kata Omjay. Konsistensilah dalam menulis satu halaman setiap hari (resume kelas menulis). Jika dikumpulkan selama sebulan, jadi 30 artikel deh. Lama-lama bisa jadi buku. Jadi semangat terus

Buatlah resume berupa pembuka, isi, dan Penutup supaya enak dibaca.


Saya sebagai moderator izin pamit. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata maupun bahasa. Salam blogger inspiratif.

Aam Nurhasanah, S.Pd.

SMPS MATHLA UL HIDAYAH CIPANAS

Dari Om Jay

https://www.gurupenggerakindonesia.com/kata-pengantar-buku-menulislah-setiap-hari-dan-buktikan-apa-yang-terjadi-edisi-revisi/

  

Alhamdulillah Saya  ETIN SURYANI sebagai guru di SDN Cibeureum Cianjur Jabar..telah selesai menulis resume pelatihan gelombang 17 sesi 1,sebelum ditutup saya Curhat dong....  woooop JUJUR merasa bangga walau saya sebagai penulis pemula yang menjadi salah satu peserta pelatihan  ini .Saya bersyukur  dan bangga bisa berada dalam KSGN ini dan bisa mengenal Nara Sumber yang luar biasa diantaranya nara sumber perdana adalah  Om Jay yang super hebat,bakal ada juga Narasumber yang super hebat yaitu beliau adalah  Prof. Eko Indrajit,saya mengenal Prof  Eko  pertama kali di kegiatan LIVE ZOOM  kegiatan Rembug nasional APKS PGRI dalam rangka HUT PGRI ke 75 tahun 2020  ,Beliau sebagai salah satu Narasumber yang Luar biasa ,dan  saya bisa sampai di kegiatan ini  adalah salah satu peserta yang beruntung bisa mendengar jawaban secara langsung dari  beliau  kepada salah satu peserta yang bertanya,saya masih ingat dan terekam dalam memori saya  untuk jawaban Prof Eko dari salah satu pertanyaan yang sangat menyentil saya :

( x : “ Bagai mana  cara memotivasi guru –guru PNS yang senior yang masih kebanyakan gaptek IT dan kurang motivasi belajar”)

Mohon maaf ucapan beliau yang saya pahami intinya adalah guru harus terus mau belajar dan kalau tidak mau belajar berhentilah menjadi guru ,kalau gurunya tidak mau belajar bagaimana anak didiknya mau berkembang?Dan untuk memotivasi itu adalah sering-sering berkumpul dengan komunitas belajar sehingga kita akan terus haus menuntut ilmu.

Itu sebagai motivasi saya memulai untuk banyak bergabung dengan kegiatan komunitas belajar ini,dan alhamdulillah di tahun 2020 semasa pandemi Covid -19 saya banyak kesempatan mengikuti pelatihan  secara virtual  atau kuliah online wa grouf seperti pelatihan menulis gelombang 17 ini.

Alhamdulillah puji syukur kepada Alloh yang telah mengantarkan saya sampai di Komunitas Sejuta Guru Ngeblog /KSGN ini,inalillahi –alhamdulillah dibalik  musibah Pandemi Covid-19 ini Alloh memberi hikmah yang sangat besar yang saya rasakan dalam pengalaman hidup di tahun 2020 ,saya sebagai guru yang menyadari kemampuan ber IT masih gaptek,sedang dilapangan sebagai guru masa Pandemi Covid-19 dituntut kreatif memberi pelayanan PJJ yang tidak membosankan dan menuntut guru kreatif menggunakan kemajuan teknologi,sehingga saya semakin haus untuk terus tidak berhenti belajar untuk menyesuaikan dengan tuntutan kondisi masa pandemi dan zaman milenial ini.Bismillah semoga saya bisa menjadi guru kreatif ,inovatif.Aamiin yra.....

Tidak lupa saya ucapkan banyak terimakasih atas ilmunya kepada Om Jay narasumber pada hari ini dan saya ucapkan terimakasih juga kepada Bunda Aam ,Pak Brian yang baik hati dan suuper pula serta saya usapkan salam kenal dan terimakasih pula kepada rekan –rekan peserta dalam pelatihan menulis gelombang 17 yang telah berkenan mampir  pada blog saya ini.  Dengan tidak mengurangi rasa hormat kepada rekan –rekan, saya mohon komentar dan masukan pada  tulisan saya sebagai pemula yang masih banyak kekurangannya.Terimaksih untuk semua semoga bermanfaat.

Salam Guru blogger Indonesia.

 

 

 



 
 










 

 

 

 

 










Posting Komentar

16 Komentar

  1. Mantapppp sekali bunnnnn,semangat sukses selalu

    BalasHapus
  2. Mantap. Semangat menulisnya pollll...

    BalasHapus
  3. Kereen abis. Lengkap dan sempurna tulisannya. Lanjutkan 👍

    BalasHapus
  4. Terimakasih banyak Bp..Ibu...yg sudah main di blog saya....terimakasih atas suportnya....mohon maaf belum bisa menulis maximal...maklum Pemula.....insyaAlloh besok saya mampir ke Blog Bp.. Ibu yah..........

    BalasHapus
  5. Hari ini saya mampir ke blog ibu, sangat termotivasi sekali Bu, soga saya bisa seperti ibu nantinya memiliki buku yg diterbitka. Oleh penerbit mayor

    BalasHapus
  6. Lengkap sekali bu,semoga bermanfaat sukses selalu

    BalasHapus
  7. Bagus Bu etin mantap terus berlanjut semoga jdi guru kreatif inovatif yg ada di grup ini sesuai harapan kita semua aamiin3

    BalasHapus
  8. Terimakasih dah Main Bu Sri......makasih doanya ..doa yang sama buat Bu Sri.....insya Alloh saya main ke Ibu.....

    BalasHapus
  9. cakeeep tulisannya lengkap isinya. semangat bu. lanjutkan

    BalasHapus
  10. Terimakasih suportnya Pak Asikin.....,,,

    BalasHapus
  11. membaca dan menulislah setiap hari lalu perhatikan apa yang terjadi pada diri sendiri. Allah akan mengangkat derajat orang orang yang berilmu pengetahuan.

    BalasHapus